Social Icons

Pages

Thursday, March 31, 2011

Menemukan Penyebab Komputer Mati Total


Sebagai mana ditulis dalam postingan sebelumnya, salah satu penyebab PC mati total adalah kerusakan pada PSU (Power Supply). Untuk memastikannya kita sudah membahas bagaimana cara mengetes atau melakukan pengujian apakah PSU yang menjadi penyebab.

Selanjutnya, ada dua kerusakan hardware lagi yang dipercaya menjadi penyebab PC tidak dapat dihidupkan sama sekali. Yaitu mainboard dan Processor.


Mainboard
Secara logika akan sangat mudah difahami bahwa matinya mainboard juga akan menyebabkan PC tidak dapat dihidupkan. Hal ini karena tombol  on/off  sebagai pemberi sinyal power OK ke power suplly terhubung ke mainboard. Lihat tulisan tentang "Memasang Kabel Front Panel".
Jika setelah melakukan pengujian terhadap PSU ternyata masih hidup, tugas anda selanjutnya adalah melakukan pengamatan pada mainboard.
Sebaiknya keluarkan mainboard dari casing PC, bawa ke ruangan yang cukup cahaya dan amati satu persatu komponen elektronika pada mainboard. Lihat apakah ada komponen yang terlihat terbakar menggembung atau mengeluarkan cairan.
Jika tidak, anda harus melakukan test yang sedikit rumit, yaitu mencoba CPU anda dengan mainboard yang kompatibel atau sebaliknya mencoba memasang mainboard anda ke CPU yang lain.
Tapi umumnya, jika PSU (power supply) tidak bermasalah maka masalahnya pasti ada pada mainboard.

Bagaimana dengan processor?
Banyak orang beranggapan bahwa jika processor mati maka PC tidak dapat dihidupkan. Itulah kenapa saya tetap mencantumkan processor dalam tulisan ini.

Processor
Sebagai otak dari sebuah sistem PC, banyak yang membuat tulisan bahwa rusaknya processor menjadi salah satu penyebab matinya PC. Walaupun sebenarnya jarang sekali ditemukan kasus rusaknya processor pada pemakaian standar (tidak ter-overclock). Pada keadaan standar, processor dirancang untuk dapat bekerja selama 10 tahun, itu yang beberapa kali saya baca.
Jika kita searching, ada banyak tulisan yang menyebutkan processor sebagai sebab matinya PC.Tapi kita tentu tidak boleh percaya begitu saja sebelum melakukan test.
Test yang saya lakukan sangat sederhana, saya mencoba menghidupkan PC tanpa processor.

Dalam gambar, saya memasang konektor power supply ke sebuah mainboard tanpa disertai processor.
Jika asumsi salah satu penyebab matinya PC adalah kerusakan processor, dalam test ini tentu power supply tidak akan hidup. Nyatanya begitu saya menghubungkan pin 6-8 power supply berputar seperti biasa.
Ini membuktikan bahwa walaupun tanpa processor atau processor rusak/mati, kipas pada power supply akan tetap berputar jika PC dihidupkan.

Kesimpulan
Dari tulisan ini dapat kita simpulkan bahwa hanya kerusakan power supply dan mainboard yang menjadi sebab PC mati total. Jika setelah melakukan test pada PSU ternyata hasilnya baik, maka dapat dipastikan mainboardlah yang bermasalah.
Jika ada tambahan, tersedia kolom komentar untuk berbagi ilmu.

26 comments:

  1. mas CPU ku mati total... di pencet power.. nyala bentar lampunya (klip) mati lagi.. di liat kipas prosesor mutar bentar lgsung mati....


    saya tes power suplynya masih okeh..

    kenapa kira kira.??ap mungkin prosesornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa karena prosesor nya short. Coba ganti prosesor nya

      Delete
  2. Test power supply dengan cara standar (menghubungkan kabel hitam dan hijau) tidak menjamin PSU oke. Coba ganti dengan watt yang lebih besar dan ingat2 apakah anda menambah hardware?
    Jika memang PSU masih oke maka kerusakan kemungkinan besar ada di mainboard.

    ReplyDelete
  3. test power supply dengan cara standar (menghubungkan kabel hitam dan hijau ) ' pertanyaan.. perlu kah memasang plug suis dan on.? maaf saya confuse.. dan saya ingin blajar.. makasih..

    ReplyDelete
  4. mas kenapa cpu ku pas dihidupkan langsung mati pas di lepas processor normal, tp klo dipasang processor di hidupkan langsung mati mohon bantuanx

    ReplyDelete
  5. Dilepas processor normal? Maksudnya semua kipas baik di power supply maupun casing berputar ya?
    Dan setelah processor dipasang justru mati. Saya pernah mengalami ini, masalahnya adalah processor panas. Coba anda bersihkan dulu processor tersebut menggunakan tisu, bersihkan juga thermal paste pada heatsinknya. Setelah benar2 bersih baru dipasang lagi, sebelumnya oles lagi dengan thermal paste secukupnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti cpu ku , brrt bukan mobonya y?

      Delete
    2. Sama seperti yg punya saya, diganti processornya pun tetep ga bisa, klo processor di lepas malah bisa nyala lama.

      Delete
  6. mas kenapa cpu ku, saya tekan tombol power lampunya hidup tapi dilayar monitor tidak muncul apa2 malah lampu keyboard berkedip.
    tolong bantuannya?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa penyebab yang umum untuk masalah seperti ini.Periksa dulu semua kabel2 yang tersambung ke monitor ya.
      Jika monitor normal dan anda menggunakan VGA onboard, coba lepas semua memori, bersihkan kaki2 memori menggunakan penghapus pensil, bersikan juga slot memori di mainboard. Coba pasang lagi dan hidupkan komputer.
      Biasanya langkah tersebut sudah cukup.
      Masalah lain biasanya karena PSU yang sudah lemah.

      Delete
    2. Sya sdah ganti PSU tpi tetep bgitu,mohon penjelasannya

      Delete
  7. Gan mw tanya nih kalau cpu saya mati total tapi pas saya lepas procecor juga nggak hidup..,??apa masalahnya ya gan

    NB: kondisi PSU msih ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa processornya di lepas?
      Dalam tulisan ini, lepas processor hanya sebagai pembanding saja. Dimana asumsinya jika processor rusak itu bukan penyebab komputer mati.
      Untuk kasus agan, jika agan bisa pastikan tidak melakukan perubahan apapun dengan kabel2 panel misalnya, maka kemungkinan mainboardnya yang bermasalah.

      Delete
  8. bang saya mau tanya
    jadi komputer jika dinyalakan awal itu nyala indikator sama fan processor
    tapi hanya berlangsung 1 detik mato total dan dinyalakan lagi tidak bisa
    saya sudah bersikan bagian komponennya
    seperti RAM, processor diberikan pasta, VGA, hardisk dll,
    tetap tidak bisa
    saya coba reset bios (melepas batre cemos). masih sama aja.
    itu kenapa ya
    saya dah pusing pengen banting ja nih
    heeeeeeee
    tolong pencerahannya ya bang admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda yakin PSU baik2 saja, saya curiga ada yang salah dengan mainboardnya.
      Coba di cek, lepas dan lihat apakah ada komponen mainboard yang tampak tidak beres, menggembung atau terbakar.
      Tanpa memory-pun PC akan tetap "hidup"..

      Delete
    2. MObo nya bermasalah Gan....ada yg short/konslet. Untk kasus ini pada mobo ane ketemu yg short nya para transistor (komponen 3 kaki) seputar daerah pin 8.

      Delete
  9. gan tolooong Mb ku bermasalah di arus processor gak mau hidup kalau tambahan arus proscessor (kabel 4 pin 2 kuning 2 hitam) dipasang.
    tp kalau tidak dipasang mb mau nyala tp gak ada tampilan apa-apa di layar.
    help me pleace...............

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kasus ini juga ada yg short tpi di daerah deket pin4. sayang dikasus mobo ane satunya transistor nya ok semua. Suspect ane di IC (untuk biostar ada ic nya)

      Delete
  10. kasus nya mirip ama mas Wedding Plans Galleries diatas, saya masih awam nih gan soal krskn pc. apakah kasus mas wedding berarti proci nya atw mainboardnya y???

    ReplyDelete
  11. gan knp ya motherboard saya gk nyala setelah terpasang powersupply klo powersupply nya doang sih nyala

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya ... komputer saya ketika. konektor power suplay tambahan ke prosesor yang 4 kaki itu di pasang maka komputer tidak nyala. terus kalo di lepas kipas bisa nya tapi cuma sebentar terus mati lagi.

    ReplyDelete
  13. Bang, minta numpang tya knp pc sy gx ada tampilan gambar/tulisan sama sekali ya???pdhal sy dah bersihkan mainboard, prosesor,Ram & vgA jg bahkan sy dah reset bios jg loh tapi hasil'y gx ada Mkcih gan

    ReplyDelete
  14. mas mau tanya saat dipasang pon kabel psu tdk nyala tdk berputar kipas proc sebaliknya jikalau pin 4 kabel tdk dipasang malah kipas proc berputar sebentar lalu mati lagi ... kira penyebabnya apa.

    ReplyDelete
  15. bang sy mau tanya, sy kn baru memperbaiki psu sy yang rusak, setelah dipasang cpu dan tombol power sy tekan tpi nggk muncul di monitor(kipas yg ada di psu dan mainboard berputar, semua lampu sdh nyala kecuali lampu power) tolng bantuannya ya bang.

    ReplyDelete
  16. laptop mama saya kan ga ada processor.
    tapi kok masih bisa dipake ya kalau ga ada processor?

    ReplyDelete
  17. mas mau tanyak. saya kan rakit PC trus processornya indenmas jadi belum ada processor. akan tetapi saya coba dengan cara seperti yang mas bilang akan tetapi tidak ada tanda tanda kehidupan sama sekali. padahal kabel powesnya sudah nyolokm ke mobo

    mohon bantuannya mas ?

    ReplyDelete