Social Icons

Pages

Monday, July 18, 2011

Membuat Jadwal Pelajaran Dengan aSc Timetables

My School
     Tahun ajaran baru buat saya adalah waktu dimana saya harus berpusing ria. Selain disibukkan dengan pelaporan kegiatan-kegiatan tahun ajaran lalu saya harus bersiap menghadapi hujan kesibukan tahun ajaran yang menjelang. Sebagai pembina kurikulum di salah satu SMK swasta, ini adalah tahun kedua saya harus menyusun (lebih tepatnya menyesuaikan) kalender pendidikan sekolah, menyesuaikan struktur kurikulum masing-masing program (jurusan)dan yang paling-paling-paling-paling membuat pusing adalah menyusun jadwal pelajaran semua kelas.

         Kegiatan ini akan lebih mudah jika saja hampir 30 orang teman-teman saya memasrahkan nasibnya kepada saya. He..he.. Sialnya, mereka hanya memberi saya selembar kertas berisi waktu dimana mereka bisa mengajar dan waktu dimana mereka "out of order", alasannya bisa sangat macam-macam, mulai dari jadwal di tempat lain, megurus suami, mengurus anak dan berenang! (ada gak?).
Parahnya lagi kebanyakan dari mereka ingin memperpanjang akhir pekan hingga hanya bersedia mengajar mulai hari kamis, jumat dan sabtu. Ah, tak perlulah saya menulis bagaimana susahnya sekolah Swasta mencari guru. Oh, bagaimana dengan kesulitan saya?

          Tahun lalu saya benar-benar kelabakan. Sebagai newbie, saya hanya bermodalkan excel. Sayangnya excel tidak memberitahu saya dimana jadwal teman-teman saya bertabrakan dihari yang sama. Seteliti apapun saya mencoba tetap saja terjadi error, hal yang benar-benar membuat trauma.
Nah, tahun ini saya tidak mau hal itu berulang, bermodalkan koneksi internet bebas pakai saya mulai googling (emang gak ada Yahooing atau apalah gitu?) mencari software yang bisa membantu saya. Ada dua yang saya dapat salah satunya begitu mudah digunakan yaitu aSc Timetables, versi terbarunya adalah 2012.
Butuh 1-2 jam bagi saya untuk memahami sedikit tentang software ini sampai tahap bisa dipakai, dan berikut adalah apa yang saya lakukan:
1. Download dan instal, setelah itu langsung saya jalankan. Menggunakan wizard klik saja file-->New anda akan dibawa pada tampilan ini:



Di tahap ini saya masukkan nama sekolah, jumlah hari belajar per minggu, jumlah jam belajar setiap hari dan weekend sabtu-minggu.

2. Selanjutnya kita masuk ke tahap input data yaitu pelajaran, kelas, klasrum dan guru. Saya klik saja item yang akan diisi data. Pada pelajaran, masukkan semua nama pelajaran yang akan diajarkan disekolah, selanjutnya nama-nama semua kelas di icon kelas dan nama semua guru yang mengajar disekolah saya.
Terakhir saya klik 2x setiap kelas dan masukkan nama pelajaran yang akan diajarkan dikelas tersebut, siapa gurunya dan berapa jam jumlahnya.
Saatnya bermain Puzzle. Dan inilah hasilnya:
Kelebihannya, aSc bisa mendeteksi collision alias tabrakan, jadi jadwal hasil susunan saya ini saya jamin tidak ada yang tabrakan. Sayangnya software ini tidak gratis, akibatnya saya tidak bisa mencetak dokumen atau mengeksport file ke Excel.
Nah, sebenernya ada cara penggunaan aSc ini supaya terlihat lebih pintar. Tidak perlu bermain Puzzle selama 2 hari. Saya mau belajar, anda mau?
Silahkan download tutorial lengkapnya disini: Download Tutorial aSc Timetables
Software trial unlimitednya bisa di download di sini: http://www.asctimetables.com/download_en.html
Kalo mau cari crack atau urusan bajak membajak, cari sendiri ye...

4 comments:

  1. kito senasib kak, nah ajari oh caronyo aku jugo lagi pening ngurusi jadwal

    ReplyDelete
  2. Itu lah ku upload tempat download software samo tutorialnyo..
    Silahkan dicubo yo, gampang koq..
    Tapi itulah tadi, ini bukan software gratis, diantaranyo dak pacak ngeprint samo ekxport file..
    Terpakso mindahke lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Robby, anda bisa konfersi hasil jadwal dari ASC TimeTable ke format EXCEL dengan mudah pakai aplikasi ASC Converter. Hampir 200 kelas lebih dapat dikonversi ke model excel hanya 2x klik. Semuanya berjalan secara otomatis tanpa Copy dan Paste.
      Anda juga bisa menggunakannya untuk entri jadwal ke ASC lebih cepat dengan bantuan aplikasi XML Creator.
      Semuanya bisa anda unduh di tautan berikut: https://goo.gl/EDooa5
      Senang membantu Anda.
      Semoga bermanfaat.


      Delete
    2. Bagaimana trik jika ada mapel yang lebih dari 8 jam miasl mapel A 12 jam

      Delete