Social Icons

Pages

Wednesday, April 6, 2011

Cara Meningkatkan Ketelitian Dalam Bekerja


Beberapa pekerjaan menuntut anda untuk melakukan dan menyelesaikannya dengan teliti. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teliti bisa diartikan sebagai kecermatan dan kehati-hatian dalam melakukan sesuatu.
Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi beberapa tips untuk meningkatkan ketelitian dalam bekerja, seperti berikut ini.
  1. Ingat dan hafalkan kondisi dimana anda menjadi sangat konsentrasi dalam bekerja. Bisa saja dalam beberapa kondisi anda tidak kesulitan, misalnya, menulis laporan sambil berdiskusi, tapi beberapa keadaan yang menuntut ketilitan anda memerlukan kondisi yang berbeda. Misalnya anda harus melakukan pekerjaan itu dalam keadaan sendiri dengan diiringi musik klasik dan lain-lain. Nah, hafalkan kondisi seperti apa yang membuat anda menjadi lebih teliti dan lakukan pekerjaan anda dalam kondisi tersebut. (disarikan dari sini)
  2. Beberapa pendapat mengatakan ketelitian berkaitan erat dengan kesabaran, ketika anda merasa sedang dikejar deadline dan semua pekerjaan anda tampak kacau, cobalah untuk sedikit mengatur nafas, duduk dan tenangkan diri, lau mulailah melakukan pekerjaan anda.
  3. Pendapat lain, adakalanya anda membutuhan suplemen peningkat konsentrasi. Kopi misalnya. Tidak ada salahnya untuk dicoba asal tidak berlebihan. 
  4. Selanjutnya, kobankan sedikit waktu anda untuk memeriksa ulang pekerjaan yang sudah anda anggap selesai. Tidak ada salahnya melibatkan staf anda untuk ikut memeriksa ulang pekerjaan sebelum didisposisi atau dipindahkan ke bagian/orang lain. Umumnya ketelitian membutuhkan fokus dalam bekerja, dan fokus hanya bisa dicapai bila ada ketenangan dan konsentrasi, buat suasana se-rileks mungkn dan usahakan jangan memegang pekerjaan vital dan fatal bila suasana hati sedang badmood, tunggu sampai agak tenang dulu baru lakukan pekerjaan tersebut.
Demikian beberapa tips yang saya dapatkan dari berbagi sumber. Jika ada tambahan, tersedia kolom komentar untuk berbagi ilmu.
Semoga bermanfaat.

9 comments: