Social Icons

Pages

Saturday, March 19, 2011

Cara Menghilangkan Icon Recycle Bin pada Desktop XP


     Anda masih menggunakan XP sebagai sitem operasi? Saya juga. Selain karena alasan kebiasaan juga karena kecepatan dibanding seri Windows yang lebih baru. Walaupun dukungan untuk XP kabarnya akan dihentikan, tapi penggunaannya sebagai salah satu sisten operasi favorit masih sangat besar sampai saat ini. Setidaknya saya belum menemukan kesulitan jika ingin memasang program atau aplikasi baru.

    Sebagai orang yang setiap hari menghabiskan waktu di depan PC saya harus membuat PC yang saya gunakan senyaman mungkin. Selain mengubah theme menggunakan Style XP saya misalnya lebih suka mempunyai tampilan desktop tanpa icon atau shortcut apapun, sehingga image favorit yang saya jadikan wallpaper akan tampak utuh seperti ini:

     Sebagai ganti shortcut yang berfungsi sebagai jalan pintas mengakses/membuka aplikasi yang saya inginkan saya menggunakan aplikasi Rocketdock yang bisa di download disini.
Jika merasa kurang dengan icon-icon default (bawaan) Rocketdock saya tinggal mencari dan mendownloadnya lewat internet. Rocketdock saya atur untuk terbuka begitu pointer diarahkan ditempat, misalnya di atas layar, di samping kanan atau kiri layar atau dibawah layar desktop.
Desktop saya jadi seperti ini:


Menghapus Recycle Bin
Menghapus icon atau shortcut di desktop adalah pekerjaan gampang, tinggal delete saja toh?
Tapi ada satu icon yang tidak dapat di delete dengan cara biasa, yaitu Recycle Bin.
Untuk menghapusnya ikuti langkah berikut:
  1. Masuk ke registry dengan cara klik start, run dan ketikkan regedit kemudian enter.
  2. Backup registry anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Klik file dan export. Jika terjadi error anda cukup mengembalikannya dengan import.
  3. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Desktop\NameSpace
  4. Cari dan hapus key dengan nama {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
Nah, sekarang desktop anda bebas dari tempat sampah.
Selamat mencoba…!!
 

 

6 comments: