Social Icons

Pages

Sunday, September 30, 2012

Jenis-Jenis Kabel Jaringan

Sebagaimana tulisan sebelumnya, sebuah jaringan komputer dapat dibangun menggunakan kabel (wired), tanpa kabel (wireless) atau campuran antara keduanya. Sebelum kita membangun jaringan dan membicarakan topologi, ada baiknya kita kenal dulu beberapa jenis kabel yang biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat jaringan hingga membentuk sebuah jaringan komputer.

1. Kabel Coaxial
Kabel coaxial memiliki 2 buah konduktor di dalamnya. Konduktor pertama terbuat dari tembaga keras yang diletakkan di tengah sebagai inti kabel. Selanjutnya inti tembaga ini dibungkus isolator plastik. Lapisan selanjutnya adalah aluminium foil. Di atas aluminium foil inilah terdapat serabut kabel sebagai induktor ke-2 sebelum dibungkus oleh kulit luar kabel.
Kabel Coaxial

Kabel coaxial terbagi dua jenis. Yang pertama adalah Thinnet (Coaxial kurus) atau RJ-58 atau disebut juga 10base2. Angka 2 menunjukkan maksimal panjang kabel antar node dalam jaringan yanitu 200 m.
Kedua adalah Thicknet (coaxial gemuk) atau RJ-8, disebut juga 10base5 yang artinya mampu mencapai 500 meter bentangan kabel. Konektor yang digunakan pada kabel ini adalah BNC, T-BNC dan terminator untuk menutup ujung kabel.

2. Kabel UTP dan STP
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang juga digunakan dalam instalasi jaringan.
UTP dan STP

Ada banyak jenis kabel UTP, tapi yang paling umu digunakan adalah kabel 10baseT atau  UTP   cat 5 atau cat 5e. Ciri khas kabel ini adalah  mempunyai 4 pasang kabel terpilin (twisted). Kabel ini mampu mentransfer data dengan kecepatan mencapai 100 Mbps untuk cat 5 dan 1 Gbps untuk cat 5e. Panjang maksimal bentangan kabel ini secara teori adalah 100 meter. Konektor yang digunakan pada kabel ini berjenis RJ-45. Susunan kabel dalam pemasangan konektor mengikuti standar EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B yang akan dibahas di tulisan lain.

3. Kabel Fiber Optik
Kabel fiber optik adalah kabel yang terbuat dari serat kaca (fiber glass). Kabel ini mampu mentansfer data dalam bentuk gelombang cahaya sehingga kecepatan transfernya jauh lebih tinggi dari kabel-kabel jenis lain yang mengandalkan aliran elektron.

Selain itu kabel ini juga lebih kebal terhadap gangguan geombang atau sinyal lain dari luar. Kabel ini banyak digunakan untuk sebagai backbone cable pada jaringan-jaringan besar.
Konektor yang digunakan adalah ST, FC, ST dan lain-lain


2 comments:

  1. terbaik ini min, makasih sudah share...
    solder uap

    ReplyDelete
  2. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) merupakan sepasang kabel yang di-twist/dililit satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel (umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel / 8kabel). UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m Jasa Penulis Artikel

    ReplyDelete