Social Icons

Pages

Thursday, December 27, 2012

Jenis-Jenis Kartu Memori

          Jenis-jenis kartu memori
     Kartu memori, kadang disebut multimedia card atau memory card adalah salah satu perangkat penyimpanan data. Jenis media penyimpanan data model ini, muncul sekitar tahun 90an. Dilatar belakangi oleh perangkat-perangkat  yang membutuhkan tempat penyimpanan data yang besar seperti kamera digital, ponsel, hingga perangkat musik seperti keyboard maka para ahli mulai menciptakan jenis-jenis media simpan berbentuk kartu memori yang berukuran relatif kecil, mudah digunakan dan dipindahkan serta berkapasitas besar.
     Saat ini salah satu jenis kartu memori yang dipakai secara luas adalah MicroSD. Hampir semua ponsel dan beberapa jenis kamera digital saat ini menggunakan kartu jenis ini. Anda bisa menemukannya juga di ponsel anda tentunya. Tapi beberapa tahun ke belakang, kita masih menjumpai jenis kartu memori yang berbeda antara ponsel yang satu dan yang lain, demikian juga untuk perangkat-perangkat lainnya, jenis kartu memori yang digunakan sangat beragam.
     Nah, dalam tulisan kali ini, kita akan melihat jenis-jenis kartu memori yang umum dan pernah ada di pasaran. Karena kartu memori itu jenisnya sangat banyak maka hanya beberapa saja yang akan kita kemukakan di tulisan ini. Beberapa diantaranya mungkin sudah tidak digunakan lagi dan digantikan dengan jenis yang lain. Umumnya karena pertimbangan kapasitas, kecepatan transfer dan tentu saja ukuran.

1. PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)

Walaupun pada perkembangannya PCMCIA lebih dikenal sebagai perangkat koneksi jaringan wireless pada notebook, tetapi pada awalnya PCMCIA dirancang sebagai media penyimpanan data. Saat ini kartu jenis ini sudah tidak lagi digunakan.

2. CF (Compact Flash)
Compact Flash awalnya diproduksi oleh ScanDisk di tahun 1994. Hingga saat ini CF banyak digunakan oleh  kamera DSLR dan perekam Video (camcorder). Dibanding dengan jenis kartu yang lain, CF memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, inilah yang menjadi sisi kekurangan dari kartu jenis ini sehingga tidak mungkin digunakan pada kamera saku dan ponsel. Tetapi dari sisi kestabilan data dan kecepatan transfer data, CF lebih unggul yakni 45Mbps, sedangkan microSD hanya mampu memncapai angka 30Mbps. CF memiliki dua tipe yaitu tipe I dan tipe II yang lebih tipis. Dalam perkembangannya, di tahun 2008 dirilis tipe CF berkecepatan tinggi yang  dikenal dengan CFast.

3. MemoryStick
MemoryStick adalah jenis kartu memory yang awalnya diproduksi oleh Sony dan diperkenalkan pada Oktober 1998 dan mulai digunakan dalam perangkat-perangkat buatan Sony. Kapasitas terkecilnya saat itu adalah 4Mb. Dalam perkembangannya, Sony juga membuat varian-varian baru dari kartu ini dengan tetap menyandang nama MemoryStick. Mereka antara lain; MemoryStick Pro yang memungkinkan kecepatan transfer dan kapasitas yang lebih besar, MemoryStick Duo yang mempunyai ukuran lebih kecil, Pro Duo, Pro-HG Duo, XC dan yang terkecil adalah MemoryStick Micro (M2) yang dulu banyak digunakan di ponsel buatan Sony Ericsson sebelum akhirnya digantikan MicroSD.
4. MultiMediaCard (MMC)
Jika anda pernah menggunakan ponsel Nokia seperti 6600, N-Gage, 9500 Communicator dan lain-lain, anda akan menemukan kartu jenis ini di dalamnya. MMC diperkenalkan tahun 1997 oleh SanDisk dan Siemens. MMC kemudian direduksi (dikurangi) ukurannya menjadi RS-MMC (Reduced Size-MMC). Selain itu dalam perkembangannya MMC mempunyai banyak varian lain. Perkembangan ini utamanya untuk meningkatkan kecepatan transfer data. Varian-varian MMC selain RS-MMC diantaranya DV MMC, MMCPlus, MMC mobile, eMMC, MMC micro dan lain-lain.
5. xD Card. (Extreme Digital)
Yang satu ini diperkenalkan di pasaran pada Juli 2002  setelah dikembangkan oleh Olympus dan Fuji Film. Dua nama vendor tersebut membuat kita bisa menebak bahwa kartu ini ditujukan untuk pengguna kamera digital. Sayangnya pemakaiannya yang begitu terbatas dan ongkos produksi yang besar membuat kartu ini ditingalkan.
6. SD Card (secure Digital)
 SD Card dikembangkan oleh SanDisk, Thosiba dan Panasonic berdasarkan MultiMediaCard (MMC) yang sudah lebih dulu ada. Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar. SD Card mempunya beberapa varian antara lain mini SD, SDHC dan microSD. Saat ini jenis kartu ini tampaknya yang paling banyak digunakan di perangkat-perangkat portabel.
Demikian beberapa jenis kartu memori yang umum beserta variannya. Selain dari jenis-jenis di atas, masih banyak jenis kartu memori lainnya seperti SxS, Intelligent Stick dan lain-lain.
Untuk membaca data di kartu-kartu tersebut ketika dilepas dari perangkat yang menggunakannya, kita memerlukan alat yang dikenal dengan Card reader.
Semoga bermanfaat.
Referensi: Wiki


No comments:

Post a Comment