Social Icons

Pages

Monday, December 13, 2010

Apa sih HTML itu..?


HTML yang merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengimplementasikan konsep Hyper text dalam sebuah dokumen. Hypertext sendiri adalah kumpulan text yang dapat berhubungan dengan text lainnya atau sekumpulan teks yang dapat disajikan dengan menggabungkannya dengan media lain seperti image, suara atau video.
Nah sekarang mulai terbayang bahwa hal diatas berkaitan dengan web.

Walaupun saat ini banyak software pembangun web yang WYSYWIG (What you see is what you get), apa yang anda lihat itulah yang akan anda dapat seperti dreamweaver, frontpage dan lain-lain , tapi tetap saja penting memahami konsep dasar HTML karena HTML adalah dasar jika kita ingin mempelajari lebih dalam tentang web programming.

Sebuah dokumen HTML dapat dibuat dengan menggunakan software teks editor, yang paling sederhana misalnya NOTEPAD. Notepad biasanya digunakan dalam latihan dasar penulisan HTML untuk menunjukkan bahwa dokumen HTML dapat diolah secara sederhana.
Sedangkan untuk melihat tampilan sebuah dokumen HTML diperlukan sebuah internet browser seperti internet explorer, firefox, safari, opera dan banyak lagi.

Karena HTML itu mengandung sebuag markup (tanda) maka cara penulisannya pun berbeda dengan teks biasa, supaya teks-teks yang di markup ini dapat ditampilkan sesuai dengan kebutuhan si penulis (pembuat) halaman web. Tanda ini biasa kita sebut sebagai TAG.

Oke, langsung saja. Sebuah dokumen HTML akan mempunyai struktur dasar (tag utama) seperti ini:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>JUDUL</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
ISI HALAMAN WEB
</BODY>
</HTML>

Nah, Cuma itu. Sederhana kan? Artinya ketika kita membuat sebuah dokumen HTML, tag-tag utama itu yang harus ada. Perhatikan bahwa kebanyakan tag pada HTML dituliskan secara berpasangan yaitu tag pembuka dan penutup sperti ini: <tag>isi</tag>, tapi ada juga yang ditulis tanpa tag penutup.

Dokumen HTML diawali dan ditutup dengan tag <HTML> dan </HTML> untuk mengintruksikan kepada teks editor bahwa dokumen yang kita kerjakan akan ditampilkan sebagai sebuah dokumen HTML.
Tag <HEAD> dapat dianalogikan sebagai kepala pada manusia, didalamnya ada “muka” yang merupakan judul yaitu tag <TITLE>Judul</TITLE>. Judul disini dapat anda tulis sesuai dengan selera anda.
Nah, isi dari dokumen HTML terletak diantara tag <BODY> dan </BODY>. Diantara tag inilah pekerjaan kita sebenarnya. Mulai dari mengatur ukuran huruf, warna background, menyisipkan link, foto, membuat tabel dan sebagainya.
Bandingkan tampilan dokumen HTML pada notepad dan pada browser berikut:
 
Sebagai catatan, penulisan tag HTML tidak case sensitif, artinya mau ditulis huruf besar atau huruf kecil tidak akan berpengaruh. Dan jangan lupa untuk menyimpan hasil pekerjaan anda dengan format namafile.html
Tertarik untuk belajar HTML, silahkan download tutorial lebih lengkapnya di: Link ini
Atau bisa juga di sini
Selamat belajar dan sukses!

No comments:

Post a Comment