Social Icons

Pages

Thursday, December 16, 2010

Mempercepat Kerja Windows

Bismillah..
Bagi kebanyakan kita, saat ini komputer adalah sebuah kebutuhan mutlak, baik untuk melakukan pekerjaan, media hiburan atau menyalurkan hobby.
Tidak dapat dipungkiri bahawa saat ini di Indonesia pengguna komputer khususnya rumahan mayoritas menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft. (Ayo ngaku.. pada pake Windows bajakan, kan?)
Seiring bertambahnya file dan kegiatan menginstal-uninstall, menambah dan menghapus data dan lain-lain akan membuat kerja Windows semakin lambat. Berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mempercepat kerja komputer ber-OS Windows.


  1. Install antivirus terbaru dan jangan lupa untuk selalu melakukan update, virus bisa saja membuat komputer melambat. Sebagai catatan, hindarkan untuk memasang antivirus lebih dari 1 agar tidak terjadi konflik. Jika terpaksa menginstall lebih dari satu AV, usahakan untuk mematikan fungsi Automatic Scan atau Real Time Protector dari salah satu AV. Saat ini misalnya, saya menggunakan AVG dan SMADAV sekaligus dengan berbagai pertimbangan. Tapi untuk SMADAV saya matikan fungsi automatic scan-nya.
  2. Pasang software untuk membersihkan komputer dari file-file sampah dan merapikan registry. Saat ini banyak yang merekomendasikan CCleaner untuk melakukan tugas ini. Anda bisa mendownloadnya di link ini
  3. Lakukan Defrag harddisk secara berkala utnuk merapikan susunan penempatan file di harddisk. 
  4. Hapus semua file Prefectch di C:\Windows\Prefetch, bagi yang menggunakan XP
  5. Gunakan tampilan sesederhana mungkin. Bagi pengguna WinXP anda bisa beralih ke Classic Style, hindarkan terlalu banyak hiasan di Desktop seperti jam dinding, kalender, slide foto dan lain-lain karena akan memakan banyak resource memori.
  6. Untuk yang lebih berpengalaman, matikan beberapa item di startup dengan mengetikkan MSCONFIG di RUN dan hilangkan beberapa tanda centang di menu startup. Sebagai catatan, langkah ini hanya boleh dilakukan jika anda benar-benar mengerti apa yang anda akan matikan
  7. Bersihkan komputer secara berkala dari debu. Terlalu banyak kotoran akan menyebabkan sirkulasi panas berkurang dan komputer menjadi lambat.
  8. Langkah terakhir adalah dengan menambah memori, ingat ini adalah pilihan terakhir jika anda merasa memori yang terpasang saat ini masih kurang.
Selamat mencoba..!!

No comments:

Post a Comment